INFO TERBARU

Jumat, 12 Desember 2014

Tips Supaya Asyik Berlibur Bersama Keluarga



13547584401174488919
Suasana liburan di Sea World, Ancol (foto: widikurniawan)
Liburan akhir tahun adalah saat yang pas untuk berwisata bersama keluarga. Berbeda jika kita berwisata bareng teman atau berpetualang sendiri alias backpakeran, berwisata bersama keluarga apalagi membawa anak kecil, tentu memerlukan persiapan lebih baik.

Bisa saja kita merencanakan secara spontan kegiatan wisata bersama keluarga, hal ini dapat kita lakukan jika tujuan wisata kita adalah masih dalam jarak yang terjangkau atau masih dalam satu kota. Misalnya bagi keluarga yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, berwisata ke Ancol bisa dilakukan sewaktu-waktu dengan persiapan yang singkat.

Namun demikian, sebaiknya mengisi liburan baik di dalam kota, luar kota atau bahkan ke luar negeri perlu perencanaan dan persiapan yang matang. Nah, mungkin beberapa hal berikut bisa diperhatikan saat mempersiapkan kegiatan liburan bersama keluarga.

1. Tentukan tujuan wisata sejak jauh-jauh hari, entah itu mau yang dekat saja di dalam kota, luar kota atau luar negeri. Jika di dalam kota saja tentu tidak terlalu ribet, tetapi berlibur ke luar kota dan luar negeri harus diperhitungkan waktu. Mungkin ada anggota keluarga yang hanya memiliki hari libur tiga hari saja, sementara yang lain bisa seminggu lebih. Maka perencanaan waktu harus diperhitungkan jika kita mengajak keluarga berlibur.

2. Siapkan anggaran lebih. Berbeda jika kita jalan sendiri, bisa berwisata seirit mungkin tentu bisa menimbulkan kebanggaan tersendiri. Namun, jika mengajak keluarga, apalagi mengajak orang tua dan anak-anak, kata ‘irit’ tampaknya harus dilupakan dulu. Kita harus memiliki anggaran cadangan apabila ada anggota keluarga yang sakit di jalan. Hitung pula kebutuhan makan dan ngemil serta untuk membeli souvenir atau oleh-oleh.

3. Pilih jenis transportasi yang tepat. Jika kita berwisata ke tempat yang masih terjangkau, pakai mobil pribadi atau bahkan angkutan umum tentu tidak masalah, hanya perlu pengecekan kondisi kendaraan sebelum berangkat. Jika hendak berlibur ke luar pulau atau luar negeri yang harus terbang dengan pesawat, maka mencari tiket hemat sejak jauh-jauh hari adalah angkah yang mesti dilakukan. Kalau tak mau pusing dan memang punya anggaran lebih, kita bisa memakai jasa agen perjalanan yang bisa dipercaya.

4. Rencanakan tempat menginap. Bagi yang tujuan liburannya sekaligus mengunjungi keluarga dekat, tentu tidak masalah karena bisa menginap di rumah keluarga tersebut. Bagi yang merencanakan untuk menginap di villa atau hotel sebaiknya memesannya sejak lama, bisa via telepon ataupun online. Saat ini banyak bertebaran diskon-diskon yang bisa kita cari di internet untuk memesan hotel atau villa di daerah tujuan wisata. Jangan sampai kita sekeluarga terlunta-lunta tidak kebagian penginapan saat berlibur karena musim liburan biasanya tempat menginap dari kelas losmen hingga hotel berbintang penuh diserbu tamu.

5. Bawa pakaian dan peralatan yang tepat. Namanya berlibur tentu harus santai, maka pakaian yang tepat adalah dari bahan kaos. Jika mau ke pantai dan tidak berencana menginap, kita tetap harus membawa pakaian ganti, handuk dan peralatan mandi. Perhatikan juga kebutuhan anak-anak, jika masih butuh popok sediakan cadangannya. Seluruh barang bawaan kita sebaiknya tidak repot untuk dibawa, bila mungkin bawa satu tas ransel saja untuk menampung peralatan jika yang berlibur terdiri dari tiga anggota keluarga, ayah, ibu dan seorang anak. Lebih dari itu sesuaikan.

6. Siapkan bekal secukupnya. Air mineral dan susu adalah wajib kita bawa jika membawa anak kecil. Roti dan kue kecil bisa dibawa secukupnya asal tidak repot saat membawanya. Jangan sampai anak kecil yang kita bawa rewel karena kelaparan di jalan.

7. Bawa alat dokumentasi. Berlibur tanpa dokumentasi pastinya hambar. Siapkan peralatan kamera foto atau video sejak sebelum berangkat. Perhatikan batere dan memory card-nya. Batere kamera, dan tentu saja ponsel kita, harus di-charge sebelum berangkat dan bawa serta charger-nya. Bila kamera menggunakan jenis batere alkaline, lebih baik sediakan cadangannya. Begitu juga memory card, jangan sampai kita terlupa masih tersimpan file-file yang belum sempat dipindahkan ke komputer. Lebih baik membawa kamera dengan memory card telah kosong.

Nah, itulah beberapa tips berdasarkan pengalaman saya melakukan perjalanan bersama keluarga. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar